Bebagi Kebahagiaan melalui Lumbung Pangan

Bebagi Kebahagiaan melalui Lumbung Pangan
Bebagi Kebahagiaan melalui Lumbung Pangan

Sebagai lembaga kemanusiaan, Dompet Dhuafa Yogyakarta berusaha ikut mengambil peran dalam menangani dampak Covid 19 yang belakangan ini melanda Negeri. Terlebih dampak secara ekonomi yang semakin dirasakan oleh masyarakat. Beberapa program untuk meringankan beban masyarakatpun digulirkan, salah satunya yakni “Program Lumbung Pangan”.

Lumbung Pangan menjadi salah satu program untuk mengantisipasi kekurangan persediaan pangan bagi masyarakat yang terdampak Covid 19. Program ini diinisiasi dengan asas saling gotong royong dan berbagi dari kita untuk kita. Hal ini sesuai dengan tujuan Dompet Dhuafa yakni mewujudkan kolaborasi dan kemitraan yang luas untuk tujuan kemaslahatan.

Dalam program Lumbung Pangan kali ini, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) Berbagi Bersama yang diinisiasi oleh takmir Masjid Al-Azhar Suryowijayan. Satgas ini sebelumnya telah melakukan proses fundrising dengan cara mengajak masyarakat sekitar berdonasi untuk sesama melalui paket sembako. Satgas juga melakukan proses pendataan kepada warga, dan sebanyak 95 KK tercatat masuk kedalam daftar yang layak untuk mendapatkan bantuan. Mereka adalah warga yang terdiri dari berbagai latar belakang mulai dari tukang parkir, tukang ojek online, buruh bangunan, tukang becak, korban PHK, pedagang kecil, janda, dll yang merasakan dampak langsung secara ekonomi sejak wabah ini merebak. Sehingga, pada tanggal 3 April 2020 satgas bersama Dompet Dhuafa Yogyakarta berhasil menyalurkan amanah donator berupa 95 paket sembako kepada warga kampung Suryowijayan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

Paket sembako yang dibagikan berupa kebutuhan pokok diantaranya beras, telur, minyak goreng, gula pasir dan Mie instan. Kegiatan ini harapannya bisa terus dilaksanakan selama masa pandemi terjadi.

“Kegiatan berbagi paket sembako akan dilakukan selama masa tanggap bencana wabah virus Corona.” Ungkap Pak Mantrang selaku ketua Satgas  

Oleh karena itu, donasi untuk Lumbung pangan masyarakat yang terdampak ini terus dibuka. Semoga kegiatan berbagi tahap kedua dan tahap-tahap berikuntnya bisa terus terlaksana hingga pandemi ini berlalu.

Program ini juga bertujuan mengajak masyarakat untuk jangan takut berbagi. Karena dengan berbagi tidak akan membuat kita miskin ataupun bersedih. Karena hal kecil yang kita bagikan bisa jadi suatu yang sangat berarti dan membahagiakan bagi orang lain.

Be informed!

berlangganan info DD