Bahu membahu melawan Covid 19

Bahu membahu melawan Covid 19
Bahu membahu melawan Covid 19

Penyaluran Lumbung Pangan bagi masyarakat terdampak Covid 19 terus berlanjut. Sabtu, 4 April 2020 Dompet Dhuafa Yogyakarta berkolaborasi dengan Satgas Dusun Siaga menyalurkan 130 paket sembako kepada warga Dusun Sangubanyu, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman.

Sejak salah satu warga Dusun Sangubanyu dinyatakan sebagai pasien positif Corona pada 1 April lalu, masyarakat langsung melakukan respon cepat dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas). Para pemuda pemudi relawan satgas kemudian melakukan langkah awal berupa screening kepada masyarakat untuk mendata warga yang kemungkinan telah melakukan kontak langsung dengan pasien. Pendataan dilakukan dengan cara mengedarkan formulir untuk diisi oleh warga. Dari formulir yang terkumpul, diperoleh data bahwa sebanyak 18 KK menyatakan telah melakukan kontak langsung dengan pasien.

Sesuai anjuran pemerintah, warga yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien kemudian melakukan self isolation (isolasi mandiri) selama 14 hari sebagai bentuk kesadaran dan antisipasi terhadap penyebaran virus. Dengan adanya kasus positif Covid 19 dan isolasi mandiri ini, tentu memberikan dampak bagi masyarakat di Dusun Sangubanyu. Masyarakat disekitar Dusun Sangubanyupun tak kalah khawatir dengan kondisi ini, sehingga pembatasan interaksi dan kontak dengan masyarakat juga dilakukan. Alhasil, ini memberikan pengaruh terhadap ketersediaan bahan pangan warga. Ibu Siti Marwati menuturkan, “dampak corona ini sangat terasa di masyarakat, bahkan kami kesulitan untuk menggilingkan gabah menjadi beras, karena tempat penggilingan gabah tutup.”

Hal ini kemudian melahirkan dilema di kalangan masyarakat. Disatu sisi warga masyarakat memiliki tanggung jawab untuk mendukung dan menyukseskan upaya pemutusan rantai penyebaran virus Covid 19, namun disisi lain masyarakat juga membutuhkan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atas dasar keresahan ini, satgas kemudian mengambil langkah preventif dengan mengumpulkan swadaya masyarakat, donasi dari berbagai lembaga termasuk berkerasama dengan lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Yogyakarta melalui program lumbung pangan untuk membantu meringankan beban masyarakat.

Bantuan yang diberikan yakni berupa paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, telur, mie instan dan sarden. Bantuan ini disambut dengan penuh haru oleh satgas dusun siaga yang diwakili oleh Ibu Maryati, “Semoga ini bisa sedikit memberikan ayem bagi masyarakat yang tengah menjalankan isolasi” ungkap beliau.

Program inipun kedepannya diharapkan dapat terus berjalan dengan mandiri, sehingga nantinya akan ada penyaluran bantuan tahap kedua dan tahap selanjutnya untuk masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, satgas terus membuka peluang dan menerima donasi dari masyarakat di sekretariat satgas yang bertempat di Masjid At-Taqwa.

 

Be informed!

berlangganan info DD