Beri Kail Bukan Ikan, Dompet Dhuafa Yogyakarta Tebar Bibit Lele Buat Korban Banjir

Gedangsari, Jumat, 05 Januari 2018 – Pasca amukan banjir, menimbulkan kerugian tidak sedikit bagi warga Gunungkidul. Banyak pihak lantas mengirimkan bantuan berupa logistik, uang, hingga tanggap darurat pasca bencana. Dompet Dhuafa Yogyakarta, memberikan bantuan bentuk lain.

Di Padukuhan Nglaran, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari telah terbentuk kelompok pembudidaya lele yang dilakukan oleh warga setempat. Meski sudah ada kolamnya, lantaran terbentur kendala permodalan akibat banjir membuat usaha ternak lele tersendat. Dompet Dhuafa datang dan mengulurkan tangan dengan memberikan bantuan.

Tujuannya pemberian bibit lele, terang Eko Susanto dari Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta, agar dapat meningangkat kesejahteraan umat dari keterpurukan pasca banjir.

“Kita berikan dalam bentuk bibit lele sejumlah 30.000 ekor agar dibudidayakan para korban banjir disini,” jelansya, Jumat (5/1)

Dompet Dhuafa, menurut Eko, selalu berkomitmen mendistribusikan donasi dengan program dan bantuan yang berkualitas, sehingga tercapainya tujuan “mustahik move to muzzaki” yang akan mensejahterakan masyarakat kecil. Dengan bantuan 30.000 ekor bibit lele jenis Mutiara ukuran 5 7, Dompet Dhuafa berharap dapat menghidupkan ekonomi umat menjadi lebih sejahtera kelak kemudian hari.

Menurut Eko, Lele jenis ikan yang sangat mudah hidup dalam kondisi air keruh sekalipun. Umur pemeliharaan 2 hingga 3 bulan sudah panen.

“Memberdayakan kaum dhuafa lewat program ini, kami yakin dapat meningkatkan taraf hidup mereka,” lanjutnya.

Kamto, warga Nglaran mengungkapkan terima kasihnya atas pemberian bibit lele dari Dompet Dhuafa Yogyakarta. Menurutnya Bantuan yang sangat inovatif, sebab dengan dibantu bibit lele, ibarat memberikan kail dan umpan, bukan langsung diberi makan gratis tetapi harus diusahakan.

“Insya Allah bibit lele akan kita kembangkan agar ngremboko, dan mensejahterakan warga,” ujarnya.

Selanjutnya bibit ikan lele ditebar ke dalam kolam-kolam terpal yang sudah disiapkan sebelumnya.

sumber

informasi infaq dan donasi melaui:

Muamalat     : 56.10000.900

BNI Syariah   : 1.8888.9999.5

BCA               : 802.015.8787

Mandiri         : 137.000.789.0078

a.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Contoh transfer donasi Rp300.000

atau langsung ke

Kantor Dompet Dhuafa Yogyakarta

Jl. HOS Cokroaminoto 146 Kav.1 Tegalrejo Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons