Berkah Zakat Anda, Petani Mina Padi di Banguntapan Hari Ini Memulai Panen

Berkah Zakat Anda, Petani Mina Padi di Banguntapan Hari Ini Memulai Panen
Berkah Zakat Anda, Petani Mina Padi di Banguntapan Hari Ini Memulai Panen

Sahabat, ijinkan kami bercerita tentang hal baik atas keberkahan zakat yang Anda amanahkan pada kami, Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Tentang Kelompok Tani Dwi Manunggal Dusun Nglebeng, Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul yang 5 bulan lalu kami mulai ajarkan metode pertanian Mina Padi. Hari ini (19/10), kelompok tani tersebut mulai memetik hasilnya. Sebuah metode baru dalam pertanian yang mereka belum pernah mereka jalankan selama ini.

Petak sawah seluas 800m2 yang menjadikan percontohan program Pertanian Sehat Indonesia Dompet Dhuafa ini diperkirakan menghasilkan sejumlah 18 kwintal / 1000 m² ditambah 100kg ikan nila yang telah dipanen sepekan sebelumnya.

Mina padi adalah cara bertanam yang mengkombinasikan antara sistem tanam Jajar Legowo dengan budidaya ikan. Dengan metode pertanian ini akan memberikan keuntungan lebih bagi petani karena selain mendapatkan gabah dari hasil menanam padi, ikan pun bisa dipanen sehingga menambah penghasilan petani.

Metode ini juga sebagai indikator proses pertanian yang dijalankan tanpa menggunakan pupuk kimia pabrikan, yang tentunya berdampak pada semakian baiknya hasil beras yang dihasilkan dan kelestarian unsur hara dalam tanah/bumi.

Sahabat, dengan pengelolaan dan pendampingan yang baik, keberkahan atas Zakat yang Anda titipkan tidak hanya berdampak pada penerima manfaat, namun juga menyasar pada hal yang lebih luas, kebaikan bumi yang kita tinggali.

Be informed!

berlangganan info DD