Bersama Cekal (Cegah Tangkal) Corona

Bersama Cekal (Cegah Tangkal) Corona
Bersama Cekal (Cegah Tangkal) Corona

Covid 19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Corona virus yang baru dikenal ketika kasus pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok bulan Desember 2019. Umumnya gejala-gejala yang muncul pada penderita Covid 19 adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering. Beberapa mungkin mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau bahkan diare. Penularannya bisa terjadi melalui droplet atau percikan-percikan dari mulut atau hidung yang keluar saat penderita Covid 19 batuk, bersin atau mengeluarkan nafas (Sumber: Word Health Organization/WHO).

Percikan-percikan yang keluar dari penderita Covid 19 ini kemudian dapat menempel pada tubuh, jatuh ke benda-benda dan permukaan di sekitar. Orang yang menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu kamudian menyentuh mata, hidung atau mulutnya dapat terjangkit Covid 19.

Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan preventif untuk mencegah kemungkinan penularan virus yang semakin meluas. Salah satunya adalah dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum yang banyak diakses secara bebas oleh masyarakat luas.

Aksi Cegah Tangkal (CEKAL) corona oleh tim Dompet Dhuafa Yogyakarta melalui penyemprotan disinfektan telah dilakukan di berbagai tempat dan fasilitas umum yang ada di Yogyakarta, Bantul, Sleman dan Gunungkidul. Disinfektan ini berfungsi untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme (misalnya: bakteri, virus dan jamur) yang menempel pada permukaan benda mati seperti lantai, furniture dan ruangan. Berikut adalah daftar lokasi Aksi Cekal Covid Penyemproran disinfektan Dompet Dhuafa Yogyakarta

1.       Kantor Dompet Dhuafa Yogyakarta Philanthropy

2.       Kantor Dompet Dhuafa Yogyakarta Gerai Sehat (LKC)

3.       Pondok SMART Dompet Dhuafa Yogyakarta

4.       Teras Dakwah Jogja

5.       SD N Lempuyangwangi

6.       Panti Asuhan Islam Ibadah Bunda

7.       SD N Pakel

8.       Masjid Al Azhar

9.       Polsek Bulaksumur

10.   Masjid Al Ikhlas Bulaksumur

11.   Bank BPR Universitas Gadjah Mada

(4 unit desinfeksi)”

12.   Bank Jogja

13.   Bank Jogja unit Giwangan

14.   PD BPR Bank Jogja Cabang Gedongkuning

15.   RRI Yogyakarta

16.   PP. Rabingah Prawoto

17.   Masjid Al Misbahu

18.   SLB Negeri 2 Yogyakarta

19.   Masjid Al Hasanah

20.   SDIT Al Khairaat Yogyakarta (kampus 1)

21.   SDIT Al Khairaat Yogyakarta (kampus 2)

Selain melakukan aksi penyemprotan disinfektan, Dompet Dhafa Yogyakarta juga memberikan edukasi cara pembuatan disinfektan ke masyarakat agar dapat diterapkan di rumah dan lingkungan sekitanya. Semoga dengan aksi Cekal Covid 19 ini dapat menghambat dan memutus rantai penyebaran covid di tengah masyarakat. Mari kita sama-sama berikhtiar semaksimal mungkin untuk menjaga diri, keluarga dan orang-orang yang kita cintai dengan senantiasa menjaga kebersihan, menerapkan pola hidup sehat, berpikiran positif dan tidak lupa berdoa semoga pandemik ini segera berlalu.

 

Be informed!

berlangganan info DD