Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan Jambanisasi Untuk Warga Soka Gunungkidul

Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan Jambanisasi Untuk Warga Soka Gunungkidul
Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan Jambanisasi Untuk Warga Soka Gunungkidul

Terpenuhinya sanitasi yang layak menjadi kebutuhan pokok setiap keluarga. Namun, belum semua keluarga di Dusun Soka Desa Mertelu Gunungkidul memiliki akses sanitasi yang layak utamanya jamban.

Menurut informasi yang disampaikan oleh kader setempat, masih ditemukan 6 keluarga yang belum memiliki fasilitas jamban di rumahnya. Padahal akses sanitasi yang tidak layak dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit diare, cacingan, kolera, disentri dan hepatitis A.

Dilansir dari website resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), sanitasi yang tidak layak menyebabkan setidaknya 432.000 kasus kematian setiap tahunnya. Selain menyebabkan penyakit, sanitasi yang tidak layak juga turut berkontribusi menjadi penyebab balita stunting.

Untuk itu, tim LKC DD Yogyakarta melaksanakan program jambanisasi di Dusun Soka. Kegiatan implementasi program berupa pemberian bantuan material untuk keluarga yang belum memiliki akses jamban.

Penyaluran tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2020 dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 4 keluarga. Program ini ditujukan untuk berkontribusi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin 6 yaitu menjamin akses air minum dan senitasi layak yang berkelanjutan.

Sahabat, inilah berkah zakat Anda. Terima kasih sudah mengamanahkan zakat Anda melalui Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Be informed!

berlangganan info DD