Dompet Dhuafa Berikan Pelatihan Recording Ayam Buras Pada Kelompok Ternak Ayam Buras Sidomukti

Dompet Dhuafa Berikan Pelatihan Recording Ayam Buras Pada Kelompok Ternak Ayam Buras Sidomukti
Dompet Dhuafa Berikan Pelatihan Recording Ayam Buras Pada Kelompok Ternak Ayam Buras  Sidomukti

Minggu (20/9) Dompet Dhuafa Yogyakarta melakukan pendampingan kepada Kelompok Ternak Ayam Buras (bukan ras) Sidomukti di Pundong, Bantul.

Pendampingan merupakan bagian penting dari program pemberdayaan. Dari kegiatan pendampingan ini dapat diketahui apa saja kebutuhan penerima manfaat. Dengan demikian, program pemberdayaan yang dilaksanakan dapat selaras dengan apa yang dibutuhkan sehingga dapat memberikan dampak kepada masyarakat lebih luas. Dalam program pendampingan ini, juga diberikan motivasi, serta gambaran hulu-hilir usaha yang akan dijalankan oleh para penerima manfaat.

Selain memberikan motivasi untuk berkembang, para peternak diajak untuk berperan aktif dalam menjalankan fungsi kelembagaan serta menyadarkan kembali peran setiap anggota dalam organisasi, yaitu kelompok Sidomukti.

Untuk mendukung kegiatan pembibitan ayam buras, dilakukan pendataan serta praktek recording (pencatatan) ayam buras. Dari 20 orang anggota dikelompokkan menjadi 4 kelompok kecil berdasarkan kedekatan rumah, sehingga memudahkan untuk recording. Aktivitas pencatatan dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing peternak dengan bantuan papan recording.

Dari papan recording ini, akan memudahkan koordinator masing-masing kelompok kecil untuk merekapitulasi data ayam buras yang dimiliki anggota serta perkembangannya.

Kegiatan pendampingan ini selain untuk mengawal program yang berjalan, juga dilakukan dalam rangka menjaga amanah dari para donatur. Semoga kelompok Ternak Ayam Buras Sidomukti ini semakin berkembang dan mengalirkan berkah baik kepada anggota kelompok ternak maupun para donatur. Aamiin.

Be informed!

berlangganan info DD