Kampung Ternak Sehat, Luas Manfaat

Kulonprogo, 7 Oktober 2019, Dompet Dhuafa Yogyakarta melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan ternak kambing di Kelompok Ternak Wargo Mulyo. Kelompok ini merupakan kelompok binaan program kampung ternak di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Desa Ngentakrejo, Kecamatan Lendah.

Pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak

Setelah diresmikan pada hari Senin tanggal 30 September 2019 dan di-support domba indukan betina jenis bligon sebanyak 40 ekor untuk 20 peternak penerima manfaat, hewan ternak kambing ini diberikan treatment agar dapat berkembang dengan baik.

Penyuntikan vitamin pada hewan ternak

Lima belas hari pertama, merupakan masa-masa ternak beradaptasi terhadap lingkungan baru setelah berpindah dari tempat asalnya. Biasanya kambing akan rawan terkena penyakit, diantaranya sakit mata, batuk, pilek, flu, serta kondisi lemah akibat perjalanan dan penyesuaian diri terhadap lingkungan yang baru.

Pemeriksaan kesehatan kali ini bekerjasama dengan Puskeswan Kecamatan Lendah, bersama drh. Anis dan tim. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan agar kambing tetap sehat selama masa adaptasi. Untuk mengatasi penyakit yang mungkin terjadi pada masa adaptasi, maka ternak kambing diberikan antibiotik, obat cacing dan vitamin. Selain itu, pemeriksaan ini bertujuan untuk mengawal keberhasilan program kampung ternak di Kecamatan Lendah, Kulonprogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons