Kebun Pangan Keluarga

Kebun Pangan Keluarga
Kebun Pangan Keluarga

Dampak dari pandemic Covid 19 terus dirasakan, tak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Lahan untuk bercocok tanam yang sempit dan kemudahan akses untuk membeli kebutuhan harian mengakibatkan warga lebih memilih untuk selalu membeli kebutuhan seperti sayuran dan ikan di swalayan, supermarket ataupun pasar. Namun ketika covid mulai meluas, akses mulai terbatas, pendapatan juga mulai menurun, wargapun mulai kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Selain menyalurkan bantuan melalui program Lumbung pangan berupa paket sembako kepada warga terdampak, Dompet Dhuafa Yogyakarta juga berusaha untuk membantu warga agar mampu memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Selasa (21/04) Dompet Dhuafa Yogyakarta bekerjasama dengan Sahabat Farm mengadakan gerakan Kebun Pangan Keluarga untuk warga Masyarakat kampung Suryowijayan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

 

Kebun Pangan Keluarga merupakan salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan pangan yang dilakukan dengan cara mengombinasikan bercocok tanam sayuran dengan budidaya ikan melalui teknik aquaponik. program ini bertujuan untuk membantu masyarakat dhuafa untuk mencapai ketahanan pangan ditengah pandemic Covid 19.

Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama Sahabat Farm memberikan pelatihan kepada warga berupa keterampilan dalam menanam dan mebudidayakan ikan meski dengan lahan yang terbatas melalui teknik aquaponik. Untuk menjaga keamanan, pelatihan dilaksankan menjadi dua sesi yakni pagi dan siang hari untuk membatasi jumlah peserta pelatihan agar tetap menjaga jarak dalam rangka physical distancing.

 

Setelah pelatihan diberikan, masyarakat selanjutnya dibekali dengan sejumlah bibit ikan lele, bibit sayuran, pakan ikan, dan peralatan pendukung lainnya seperti ember, media tanam dan netpot. Sebanyak 50 paket budidaya aquaponik diberikan kepada 25 orang peserta pelatihan sebagai stimulus. Selajutnya warga akan berlatih secara mandiri untuk mengembangkan, berkreasi dan praktik menanam sesuai dengan apa yang telah didapatkan selama pelatihan, agar dapat terwujud kebun pangan yang dapat mencukupi kebutuhan kelaurga secara mandiri.

Semoga melalui program ini dapat meringankan beban warga di tengah pandemic covid yang melanda. Terimakasih juga kepada para donator yang sudah ikut berkontribusi. Semoga apa yang telah didonasikan menjadi berkah dan mengalirkan kebaikan.

Be informed!

berlangganan info DD