Launching Budidaya Ikan Lele Program Grantmaking Dompet Dhuafa Yogyakarta

Launching Budidaya Ikan Lele Program Grantmaking Dompet Dhuafa Yogyakarta
Launching Budidaya Ikan Lele Program Grantmaking Dompet Dhuafa Yogyakarta

Nanggulan (19/12) LKSA PA Muhammadiyah Nanggulan mengadakan Launching Budidaya Ikan Lele Program Grantmaking Dompet Dhuafa Yogyakarta. Launching dilakukan oleh Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, di area kolam budidaya bertepatan dengan panen perdana.

Budidaya ikan lele ini merupakan salah satu dampingan Dompet Dhuafa Yogyakarta yang terpilih melalui seleksi pada Program Grantmaking. Program ini dibentuk untuk mendorong tumbuhnya usaha dari masyarakat demi mewujudkan kemandirian ekonomi, termasuk unit usaha yang tumbuh dari panti asuhan ataupun pesantren (santripreneur).

Bapak H. Zamroni mewakili LKSA PA Muhammadiyah Nanggulan menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan yang diberikan. Alhamdulillah usaha budidaya ikan lele yang dilakukan menunjukkan progress yang positif. Saat ini terdapat 11 kolam budidaya yang dikelola secara profesional oleh anak-anak panti sebagai bentuk pembelajaran wirausaha.

Bapak Ir. Sudarna selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo menyampaikan ucapan terimakasih kepada LKSA, karena usaha budidaya ini sejalan dengan misi DKP dalam upaya ketahanan pangan.

“Usaha budidaya lele ini terpilih dalam Program Grantmaking karena percaya bahwa budidaya ini akan menjadi usaha yang berkelanjutan atau sustainable.” Begitu yang disampaikan Bapak Bambang Edi Prasetyo, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Hasil panen budidaya lele ini nantinya akan diserap oleh pemerintah melalui Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwa kebijakan BPNT di Kulon Progo diserahkan kepada kelompok-kelompok masyarakat. Sebagai kebijakan bermata ganda, yaitu memberikan peluang usaha bagi masyarakat sekaligus memenuhi kebutuhan pangan.

Kegiatan launching berlangsung khidmat dan ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulon Progo, Bapak Sukardi. Terimakasih kepada para donatur atas zakat yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa. Zakat Anda kini tumbuh dan menumbuhkan.

Be informed!

berlangganan info DD