Lumbung Pangan untuk Mbah Jinem

Lumbung Pangan untuk Mbah Jinem
Lumbung Pangan untuk Mbah Jinem

Pentasyarufan paket sembako bagi warga terdampak Covid 19 masih berlanjut. 8 April 2020 Dompet Dhuafa Yogyakarta bekerjasama dengan Satgas Sidomulyo menyalurkan bantuan sebanyak 107 paket sembako kepada warga RW 04 kampung Sidomulyo, kelurahan Bener, kecamatan Tegalrejo yang terdampak Covid 19.

Mbah Jinem (70) salah satu penerima paket lumbung pangan mengungkapkan rasa syukurnya sambil menahan air mata “Alhamdulillah diparingi sembako, maturnuwun sanget” ucap Beliau.

Mbak Jinem sehari-harinya bekerja sebagai pemulung. Karena wabah Covid 19 semakin merebak, Beliaupun tidak bisa bekerja seperti biasanya.

Keterbatasan gerak masyarakat dalam melakukan aktivitas harian seperti bekerja mungkin tidak berdampak besar bagi pekerja formal yang memiliki penghasilan tetap per bulan, tapi tidak bagi mereka dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah yang hanya mengandalkan upah harian. Para pedagang kecil, buruh harian, tukang ojek, kuli bangunan, dan para pekerja harian lainnya sedikit demi sedikit mulai mengalami penurunan pendapatan bahkan kehilangan sumber pencahariannya.

“Masyarakat di kampung Sidomulyo khususnya RW 04 ini kebanyakan pemulung, pengemis dan pedagang keliling Mbak” ungkap Ibu Narsih salah satu anggota Satgas.

Untuk pengadaan paket sembako, satgas bekerjasama dengan para pemilik warung-warung di sekitar kampung Sidomulyo. Tim satgas membeli bahan-bahan dari pedagang kecil, kemudian dikumpulkan dan dipacking. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat agar roda perekonomian tetap berputar dan harapannya bisa menambah penghasilan mereka ditengah krisis ekonomi yang melanda akibat pandemik.

Kegiatan ini semoga bisa menjadi pemantik bagi masyarakat sekitar untuk mengambil peran dalam meringankan beban sesama, terlebih tetangga. Karena untuk melawan Covid 19 ini, butuh sinergi, kerjasama, dan solidaritas dari semua pihak.

Satgas juga membuka peluang donasi bagi siapapun yang ingin ikut berkontribusi membantu masyarakat Sidomulyo yang terkena dampak dari pandemik ini.

Be informed!

berlangganan info DD