Mina Padi Pemberdayaan Dompet Dhuafa Yogyakarta Segera Panen!

Mina Padi Pemberdayaan Dompet Dhuafa Yogyakarta Segera Panen!
Mina Padi Pemberdayaan Dompet Dhuafa Yogyakarta Segera Panen!

BANTUL-Senyum kebahagiaan petani mina padi dampingan Dompet Dhuafa terpancar jelas menyambut hasil panen padi dan ikan dalam satu bulan mendatang.

Hari ini (23/9) monitoring dan evaluasi program mina padi dalam program pertanian sehat Indonesia dilakukan Tim Ekonomi Dompet Dhuafa. Dua bulan yang lalu petani didampingi dalam membuat desain konstruksi lahan mina padi untuk budidaya tumpangsari padi dan ikan nila. Diharapkan dari program ini petani dapat panen padi dan sekaligus ikan nila.

Para petani berhasil membuat konstruksi mina padi sesuai ilmu yang didapat dengan membuat caren serta kolam dalam untuk memelihara ikan serta menanam padi unggul dengan formasi jajar legowo 4:1 yaitu setiap 4 baris padi diberi sela 1 baris yang tidak ditanami padi. Pendampingan pemilihan bibit unggul nila pun diberikan dan berhasil mendapat bibit nila yang unggul tersertifikasi.

Rencananya panen akan dilakukan sebulan lagi di akhir bulan Oktober. Saat ini para petani mulai mempersiapkan penjualan hasil panen mina padi. Proses usaha tani yang dilakukan sangat baik dengan manajemen input dan penjualan, sehingga petani optimis hasilnya akan  meningkatkan pendapatan dan dapat mensejahterakan.

Semoga ikhtiar yang dilakukan petani mina padi di Nglebeng Banguntapan Bantul dapat menginspirasi petani yang lain. Meningkatkan pendapatan petani dari hasil panen padi dan ikan.

Terimakasih kepada para donatur, donasi yang diberikan dapat memberdayakan dan membawa keberkahan bagi para petani.

Be informed!

berlangganan info DD