Panjang Umur Perjuangan, Kunci Melawan Covid 19

Panjang Umur Perjuangan, Kunci Melawan Covid 19
Panjang Umur Perjuangan, Kunci Melawan Covid 19

Kebijakan karantina wilayah akhirnya diambil oleh pemerintah Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul sejak 9 April 2020 setelah ada warga yang dinyatakan positif Covid 19. Karantina wilayah yang meliputi 2 RT dilakukan sebagai bentuk respon siaga untuk mencegah penyebaran Covid semakin meluas.

Untuk membantu warga yang tengah dalam masa karantina wilayah, Dompet Dhuafa Yogyakarta pada hari selasa 15 April 2020 mentasyarufkan bantuan masyarakat melalui 50 paket sembako kepada warga yang terdampak.

Semakin meningkatnya jumlah ODP dan PDP di wilayah Bantul mengakibatkan pihak RSUD Bantul mengalami keterbatasan dalam menangani pasien. Warga yang ingin melakukan cek kesehatan ataupun perawatan karena mulai mengalami beberapa gejala pun tidak dapat ditangani secara keseluruhan. Melihat hal ini, pemrintah Desa Panggungharjo mencoba untuk mencari alternatif solusi dengan berupaya memanfaatkan media untuk melakukan pengecekan kesehatan secara online melalui website Panggungharjo.desa.id/Covid.

Melalui website ini, masyarakat bisa melakukan cek kesehatan dan memberikan laporan kesehatan harian secara online. Masyarakat hanya perlu memasukkan identitias dan mengisi beberapa kuesioner untuk mengetahui kondisi kesehatannya setiap saat.

Pengecekan kesehatan harian bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan serta tindakan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat sesuai dengan kondisinya saat itu. Melalui website ini, kondisi kesehatan masyarakat juga dipantau langsung oleh pihak puskesmas Sewon. Sehingga ketika masyarakat dalam kondisi yang tidak baik bisa terpantau oleh pihak Puskesmas.

Selain pemeriksaan kesehatan secara Online, pemerintah Desa Panggungharjo sedang menggagas untuk menyediakan fasilitas ruang isolasi darurat. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk siaga dalam menghadapi lonjakan jumlah pasien yang diprediksi akan meningkat di bulan mei. Panjang umur perjuangan adalah semboyan yang digagas oleh tim Pemerintah Desa Panggungharjo bersama tim satgas untuk memberikan semangat kepada warga yang mengandung makna bahwa untuk memperoleh umur panjang, butuh diperjuangkan.

Langkah ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, dalam pengelolaan maupun dalam memenuhi fasilitas yang dibutuhkan dalam ruang isolasi darurat. Seperti yang diungkapkan oleh Tedros Ghebreyesus (jenderal WHO) bahwa “solidarity is the key to defeating Covid 19”. Saat ini solidaritas , kerjasama, gotong royong, bahu membahu adalah kunci utama untuk melawan Covid 19.

Be informed!

berlangganan info DD