Program Parenting dan Family Gathering untuk anak-anak di Gunung Kidul

Seminar Parenting yang diikuti wali murid

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pengkol Gunung Kidul adalah salah satu sekolah dampingan Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa Jogja. Pada hari Rabu ( 23/1) mengadakan Program Parenting dan Family Gathering  dengan tema “Pentingnya Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Anak” dengan  pemateri dr. Ida Rochmawati, M.Sc., Sp. KJ yang diikuti oleh orangtua kelas satu dan enam. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif orangtua dalam membentuk karakter anak yang berprestasi.

Acara ini menambah kesan tersendiri bagi wali murid, seperti yang dituturkan  salah satu murid Ibu Dwi Puryani, “Paling berkesan dengan materi Bu Ida yang sangat membangun dan menyentuh hati. Semoga tetap dipertahankan acara seperti ini. Sebagai wali murid, saya hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada MI Muhammadiyah Pengkol dan pihak Dompet Dhuafa.”

Di saat orangtua mengikuti Parenting, siswa berkumpul di Balai Pertemuan Dusun yang berada tidak jauh dari sekolah diajak untuk menonton film edukatif  Taree Zameen Paar , film ini menceritakan anak disleksia yang mampu  bangkit menemukan bakatnya. Anak-anak menonton film dengan antusias karena jalan ceritanya yang bagus dan gambar-gambar yang menarik.

Antusias anak dan orangtua ketika sesi outbond

Seolah tak pernah lelah, peluhan anak dan orangtua sangat antusias menikmati acara yang di sajikan. Acara yang tidak kalah seru adalah family gathering dengan konsep outbound. Outbound diisi permainan menantang yang bertujuan membangun kerjasama antara orangtua dan anak, mengembangkan sikap saling percaya, dan saling mendukung diantara orangtua dan anak. 

Acara ditutup dengan makan bersama. “Harapan kami, acara ini  bisa menjadi agenda rutin sekolah, hanya tantangannya adalah biaya. Semoga Madrasah selalu dibukakan pintu rizki, aamiin” pungkas Pak Yoyok selaku Kepala Madrasah.

Inilah bentuk ikhtiar Dompet Dhuafa Jogja, dalam membentuk generasi yang memiliki Akhlakul Karimah yang baik, tidak hanya peran dari guru saja, peran orangtua pun sangat berpengaruh dalam membentuk karakter anak yang berprestasi. Inilah aksi nyata kami dalam mendidik anak-anak hebat yang berada di pelosok Gunug Kidul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons