Sadar Stunting Sejak Dini

Kamis, 26 September 2019 Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa Jogja selenggarakan Pendampingan Program Kebun Sehat Keluarga. Di Soka, Mertelu, Gedangsari, Gunung Kidul. Sebanyak sekitar 50 ibu-ibu turut serta dalam kegiatan ini. Tema pendampingan yang disosialisasikan adalah tentang mengenali gejala stunting pada anak sejak dini.

Ibu-ibu penerima manfaat program Kebun Sehat Keluarga

Stunting adalah keadaan tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Ciri-ciri stunting pada anak diantaranya adalah tanda pubertas terlambat, performa buruk pada tes perhatian dan memori belajar, pertumbuhan gigi terlambat, pada usia 8 hingga 10 tahun menjadi lebih pendiam dan tidak banyak melakukan eye contact, pertumbuhan melambat serta wajah tampak lebih muda dari usianya. Dampak stunting diantaranya mudah sakit, kemampuan kognitif berkurang, saat tua berisiko terkena penyakit yang berhubungan dengan pola makan, fungsi-fungsi tubuh tidak seimbang, mengakibatkan kerugian ekonomi, dan postur tubuh tak maksimal saat dewasa.

Para penerima manfaat dengan seksama membaca materi yang dibagikan

Ibu-ibu sangat antusias mendengarkan sosialisasi dari Erica Yunita Trisnawati selaku Supervisor Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa Jogja. Berbagai pertanyaan diutarakan seperti salah satunya cara pencegahan anak agar tidak mengalami stunting. Dari berbagai ciri-ciri stunting yang disampaikan, terdapat 5 dari 26 balita yang diduga teridentifikasi mengalami stunting.

Setiap penerima manfaat diberikan selebaran tentang stunting

Beberapa hal akan dilakukan guna mendapatkan solusi dari keadaan ini. Diantaranya akan dilakukan analisis pola makan untuk mengetahui kandungan gizi apa saja yang sudah dikonsumsi oleh balita tersebut. Selanjutnya akan ada upaya peningkatan kualitas makanan dengan melakukan monitoring Kebun Sehat Keluarga, dan pemberian hewan ternak berupa ayam untuk dipelihara hingga kemudian dapat dikonsumsi guna membantu penyerapan mikronutrien untuk memperbaiki status gizi. Selain itu pembangunan WC dan tandon air diupayakan segera direalisasikan. Tandon atau penampungan air diharapkan dapat memudahkan warga mengakses air bersih di tengah kekeringan yang kini sedang melanda warga Soka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons