Suatu hari kami mendapatkan pengajuan bantuan biaya kesehatan dari orang tua Fera. Tak lama setelah itu tim surveyor bersilaturahmi ke rumahnya yang berlokasi di Bantul.

Dan benar adanya, Fera, bocah berusia 2 tahun 8 bulan ini menderita Tetralogy Of Fallot, gangguan pada anak yang memengaruhi struktur jantung sehingga menyebabkan darah yang dipompa jantung ke seluruh tubuh tidak mengandung cukup oksigen. Ini termasuk kondisi langka, terjadi pada 1 dari 2500 kelahiran, dan baru terdeteksi setelah bayi lahir. Dan Fera adalah satu dari 2500 kemungkinan itu.

Saat kami temui di rumahnya, terlihat Fera sedang bermain bersama teman-teman seusianya. Namun tak jarang Fera kelelahan dan bahkan sesekali ia tiba-tiba terduduk lemas.

“Kalau kecapekan Fera langsung lemes Mas, tiba-tiba suka duduk. Badannya jadi membiru. Biasanya langsung saya pangku dan saya beri minum.”

Ungkap sang ibu kepada kami.

TOF yang diderita Fera menyebabkan darah yang dipompa jantung ke seluruh tubuh tidak mengandung cukup oksigen. Ini yang menyebabkan Fera harus tumbuh dengan sesak nafas.

“Pernah suatu hari Fera sesak nafas sampai kejang-kejang. Saya dan keluarga sangat panik waktu itu.” – Ibu Fera

Saat ini Fera sedang menunggu waktu operasi yang akan dilaksanakan hari Rabu, 3 April 2021. Untungnya, keluarga Fera sudah memiliki BPJS sehingga biaya operasi dan pengobatan sehari-harinya ditanggung. Namun biaya-biaya lain, seperti transportasi berobat, pemenuhan makanan bergizi yang juga memakan biaya besar sepenuhnya menggunakan uang pribadi.

Sang ayah yang bekerja sebagai penjual kroto (telur semut) mengaku kesusahan memenuhi kebutuhan pokok keluarga, terlebih Fera harus mengkonsumsi susu formula khusus yang harganya cukup mahal. Sementara sang ibu tidak bekerja.

Senin (22/3) tim kesehatan Dompet Dhuafa Yogyakarta melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma meyalurkan bantuan biaya kesehatan untuk Fera. Donasi yang terkumpul dari sahabat donatur dapat membantu memenuhi kebutuhan perawatan Fera sehari-hari.

Kirim Pesan
1
kirim Whatsapp
Ramadan ini, saatnya berbagi lagi
Temukan kebaikan Ramadanmu di kemanusiaan.org