Pandemi Covid-19 belum berakhir bahkan berdampak ke berbagai aspek, salah satunya adalah aspek pendidikan. Sebagai ikhtiar memutus rantai penyebaran virus ini, mayoritas instansi pendidikan menetapkan kebijakan belajar dari rumah secara daring. Namun kebijakan ini juga tidaklah efektif, karena banyak siswa yang kesulitan mengakomodasi kebutuhan belajar mereka, seperti kebutuhan paket internet.

Berawal dari keprihatinan ini, Dompet Dhuafa Yogyakarta berkerjasama dengan Adira Finance Syariah memberikan bantuan belajar berupa layanan Wifi gratis untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) Arimbi, Jetis, Yogyakarta dan empat lokasi lain yang tersebar di Kabupaten Bantul dan Sleman.

Layanan WiFi gratis ini telah diaktifkan sejak 1 Mei 2021, dan pada hari ini, Kamis (17/6) telah dilaksanakan kegiatan launching program tersebut di TBM Arimbi. Acara ini dihadiri oleh kepala desa Gowongan, pegurus TBM, perwakilan dari Adira. Dompet Dhuafa, dan warga sekitar.

Pengurus TBM Arimbi, Chusnul Khotimah, mengaku bersyukur dengan adanya bantuan yang diberikan Dompe Dhuafa dan Adira Finance Syariah. “Alhamdulillah sejak sebulan yang lalu kami dapat menghemat kuota dan lebih nyaman dengan adanya Wifi ini. Anak-anak juga pada senang karena bisa buat belajar online dan mengerjakan tugas.” ujar Chusnul.

Karena kesiapan generasi penerus bangsa juga perlu diperhatikan, salah satunya dengan menunjang kegiatan belajar mereka, demi masa depan bangsa yang lebih baik. Pada program WiFi gratis ini tak hanya diberikan untuk TBM Arimbi, melainkan juga di empat titik lain, yaitu Masjid Baitul Hikmah (Gondolayu Lor, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta), masyarakat dusun Bergan (Bergan, Wijirejo, Pandak, Bantul), Panti Asuhan Darut Taqwa (Jarakan, Sendangrejo, Minggir, Sleman) dan Masyarakat Dusun Bulus Lor (Bulus Lor, Candibinangun, Pakem, Sleman).

Kirim Pesan
1
kirim Whatsapp
Ramadan ini, saatnya berbagi lagi
Temukan kebaikan Ramadanmu di kemanusiaan.org