Pendidikan

Pendidikan

Pendidikan adalah faktor penunjang kemajuan masyarakat. Masyarakat dengan dominasi pendidikan baik akan memiliki taraf hidup lebih baik juga. Dompet DHuafa menjadikan pendidikan sebagai pilar dalam mengentaskan masalah kemiskinan dengan menyediakan akses Pendidikan seluas-luasnya untuk kaum dhuafa. Dompet Dhuafa Yogyakarta memiliki beberapa program dalam bidang pendidikan, yaitu :

 

1

Sekolah Literasi Indonesia

Program Sekolah Literasi Indonesia berupaya mewujudkan model sekolah berbasis masyarakat yang berkonsentrasi pada peningkatan kualitas sistem instruksional dan pengembangan budaya sekolah dengan budaya literasi yang khas.  Program ini berfokus pada perbaikan tata kelola sekolah dengan merujuk pada indikator peningkatan performa sekolah berdasarkan USWAH (metode pengukuran performa sekolah).

.

2

Inspiring Library

Inspiring Library adalah program yang berupaya mewujudkan perpustakaan sekolah yang inspiratif, menyenangkan, dan nyaman sebagai jantung literasi sekolah dan pusat sumber belajar bagi siswa, guru, dan seluruh warga sekolah.

Inspiring Library bertujuan meningkatkan minat baca anak dengan membantu peningkatan performa perpustakaan sekolah lewat proses pendampingan bagi kepala sekolah, guru, dan pustakawan. Program ini mengembangkan aspek :

  1.  Leadership Kepala sekolah
  2.  Kompetensi pustakawan/guru pustakawan
  3.  Literacy activities
  4.  Managemen perpustakaan
  5.  Layout dan dekorasi perpustakaan yang nyaman dan menyenangkan

3

Omah Piwulang 

Omah Piwulang merupakan Pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga melalui penguatan 3 aspek yaitu parenting, ketahanan pangan, dan lingkungan.

4

Beasiswa Inspiratif

Program Beasiswa Inspiratif merupakan pengembangan kepemimpinan bagi mahasiswa untuk membentuk karakter, kepekaan sosial,  dan kompetensi  sehingga mampu berperan aktif menjadi solusi permasalahan masyarakat.

5

Tanya Guru

Tanya Guru merupakan program pendidikan Dompet Dhuafa Yogyakarta yang fokus pada pelayanan konsultasi pendidikan dan kelas belajar online bersama narasumber yang kompeten di bidangnya melalui aspek pembelajaran, literasi, parenting, dan pendidikan karakter.

6

Beasiswa Sahabat Bintang

Beasiswa Sahabat Bintang merupakan pendampingan pendidikan dan bantuan biaya support kehidupan bagi siswa-siswi SLB/SD/SMP/ SMA sederajat yang tidak mampu dan rentan putus sekolah dengan sistem orang tua asuh.

Komitmen Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam program pendidikan akan terus berlanjut dan berinovasi lebih jauh seiring  dukungan dari sumber daya yang menjadi tumpuan utama dalam program ini yakni para donatur. Donatur adalah pendonor yang berperan penting mensukseskan setiap program Dompet Dhuafa dalam perkembangannya. Sebab itu kami membuka pintu lebar-lebar untuk para dermawan mengambil bagian dalam pengentas kemiskinan melalui program pendidikan Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Kirim Pesan
1
kirim Whatsapp
Ramadan ini, saatnya berbagi lagi
Temukan kebaikan Ramadanmu di kemanusiaan.org