Latar belakang

Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2020, Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi di Indonesia sebesar 30.85 persen, beberapa sumber lain menyebutkan 34.58 persen.  Angka ini masih tertinggal jauh bila dibandingakan dengan negara tetangga seperti Malaysia yang hampir mencapai 50 persen, bahkan Singapura 78 persen. APK menunjukkan sejauh mana partisipasi masyarakat Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruang tinggi dibandingkan dengan jumlah penduduk pada rentang usia pendidikan perguruan tinggi.

Angka Partisipasi Kasar Pendidikan khususnya perguruan tinggi menjadi salah satu indikator yang menggambarkan kualiatas pembangunan manusia suatu negara. Tidak dipungkiri lagi bahwa perguruan tinggi menjadi sarana utama dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan maju. Daya dukung lingkungan dan budaya intelektual yang tinggi menjadi faktor yang sangat mempengaruhi adanya perbedaaan yang signifikan antara masyarakat yang mengeyam pendidikan di level ini dengan level yang ada dibawahnya.

Persoalan yang masih menjadi penyebab minimnya partisipasi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah faktor biaya yang masih dianggap mahal khususnya bagi masyarakat marjinal. Pemerintah sudah berupaya untuk meningkatkan partisipasi pendidikan masyarakat ke perguruan tinggi dengan memberikan beasiswa seperti Bidikmis atau Kartu Indonesia Pintar (KIP). Periode kedua pemerintahan Jokowi bahkan menargetkan KIP mencapai 750.000 peserta. Selain pemerintah tentu perlu ada peran serta stakeholder lainya untuk membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan partisipasi pendidikan masyarakat ke jenjang perguruan tinggi, diantaranya adalah beasiswa Etos ID.

Program beasiswa kolaborasi antara Etos dan DD cabang menjadi salah satu perwujudan dalam rangka memperluas kebermanfaat dana zakat melalui pendidikan. Pendidikan diyakini sebagai investasi jangka panjang yang akan dirasakan dampaknya bukan dalam hitungan 1 atau 2 tahun namun lebih dari itu. Dalam rangka memastikan agar kebermanfatan terus berlangsung maka proses seleksi untuk mendapatkan penerima manfaat dengan kriteria yang sesuai dengan kebutuhan program dilakukan. Tahun 2021 adalah tahun dimana pandemi covid 19 masih berlangsung. Tentu penyesuain pola seleksi harus dilakukan demi menjawab tantangan dan perubahan-perubahan yang terjadi.

Beasiswa Etos – DD Yogyakarta merupakan program beasiswa yang diinisiasi oleh DD Yogyakarta yang menerapkan standar program pembinaan Etos ID. Program ini bertujuan untuk melahirkan SDM strategis yang Unggul dan Profesional untuk Indonesia berdaya. Untuk pertama kalinya Dompet Dhuafa Yogyakarta membuka peluang beasiswa Etos DD Yogyakarta bagi mahasiswa yang berkuliah di kampus wilayah DI Yogyakarta. Kondisi pandemi yang kita hadapi hingga saat ini membutuhkan adanya penyesuaian terhadap berbagai aspek kegiatan, meski demikian pengembangan sumber daya manusia unggul tak boleh berhenti. Selamat berjuang para #PejuangPTN 2021. Salam Etos 2021!!!

Apa kabar Sobat Etos, Para #PejuangPTN Kampus di DI Yogyakarta!

Untuk pertama kalinya di tahun 2021 ini, Etos DD Yogyakarta membuka seleksi Penerima Manfaat khusus perguruan tinggi yang ada di wilayah DI Yogyakarta.

Seleksi Etos DD Yogyakarta memberikan kesempatan untuk kampus :

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  3. Universitas UIN Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

Syarat Pendaftar

  1. Calon Mahasiswa/i angkatan 2021 program S1, di 3 Mitra Kampus Etos DD Yogyakarta (berbagai jurusan)
  2. Beragama Islam (Muslim/ah)
  3. Memiliki prestasi di bidang akademik
  4. Memiliki pengalaman organisasi
  5. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan
  6. Siap berperan aktif mengikuti kegiatan sosial dan pemberdayaan di Dompet Dhuafa
  7. Berkomitmen mengikuti program pembinaan
  8. Mendapatkan persetujuan orang tua/ wali

Syarat Administrasi

  1. Foto/scan : Surat Keterangan Penghasilan/ Slip Gaji Orang Tua/ Wali
  2. Tulisan bertema “Cita-cita dan Peranku dalam Membangun Daerah”
  3. Mengisi form pendaftaran online di etos-id.net

Bagi pendaftar yang dinyatakan lolos ke tahap wawancara, wajib melampirkan :

  1. Pas Foto (4 x 6)
  2. Tanda Pengenal
  3. Kartu Keluarga
  4. Sertifikat Prestasi/ Organisasi
  5. Foto Scan Raport 5 Semester Terakhir
  6. Foto Rumah masing-masing (Tampak Depan, Tempat Tidur, Kamar Mandi, Dapur).

Berikut jadwal pendaftaran dan seleksi Etos – DD Yogyakarta :

  1. Sosialisasi : 1 – 2 April 2021
  2. Pendaftaran : 3- 11 April 2021
  3. Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi : 20 April 2021
  4. Wawancara : 24 April – 9 Mei 2021
  5. Pengumuman Akhir : 18 Juni 2021

 

Info lebih lanjut seputar persyaratan dan ketentuan lainnya melalui :

Instagram: @dompetdhuafadiy

Facebook: DompetDhuafaDIY

Website: jogja.dompetdhuafa.org

Email: pendidikanddjogja@dompetdhuafa.org

https://wa.me/62895374537689

 

Panitia Seleksi Etos DD Yogyakarta 2021

Kirim Pesan
1
kirim Whatsapp
Ramadan ini, saatnya berbagi lagi
Temukan kebaikan Ramadanmu di kemanusiaan.org